• No.Telp

    (031) 806 1010
  • Waktu Pelayanan

    Senin - Jumat, 07:00 - 16:00
  • Alamat

    Jl. Siwalanpanji, Buduran, Sidoarjo

PPDB

  • Home
  • Berita
  • Pendidikan

SPUBER

03 Oktober 2022

SMP Sepuluh Nopember Gelar Spuber Language Culture Expo 2022

SIDOARJO (Radarjatim.id) Penerapan program P5 (Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila) telah diupayakan dengan berbagai cara kreatif dan inovatif oleh lembaga pendidikan. Upaya membiasakan program P5 tersebut, SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo telah melakukannya dengan menggelar ‘Spuber Language Culture Expo 2022’.

Kegiatan yang bermuara dari program Kurikulum Merdeka dengan mengambil tema ‘Bhineka Tunggal Ika’ tersebut dilaksanakan mulai 3 Oktober – 14 Oktober 2022 mendatang, yang setiap harinya diisi dengan kegiatan bazar ragam budaya beserta aksesorisnya. Disamping itu juga diisi dengan berbagai macam seminar yang diikuti oleh seluruh siswa kelas VII dan XIII.

Mulai dari seminar Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang, juga workshop Bahasa Jepang dan Bahasa Mandarin. Juga dikuatkan dengan Kompetisi Puisi, Menghafal Kosakata Hanzi/Bahasa Jepang dan Tarian Sakura Odori. Dilanjut dengan Cerdas Cermat Bahasa Inggris serta penampilan Intensive Course.

Kepala SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo Saiful Tulus Jatmiko, S.Pd M.Pd mengatakan kalau kegiatan ini sekaligus bertepatan  dengan peringatan Bulan Bahasa, sehingga yang diangkat banyak tentang budaya-budaya, termasuk budaya lokal, penguatan Bahasa Indonesia serta melestarikan Bahasa Jawa. Termasuk juga mengenalkan budaya dan bahasa asing yang sekaligus selaras dengan program unggulan SMP Sepuluh Nopember, yaitu pendalaman dan penguasaan bahasa asing.

Dengan rangkaian kegaitan ini, bentuk upaya kami membiasakan para siswa memunculkan hal-hal yang diinginkan dalam program P5. Karena memang tema utamanya adalah gotong-royong, kerjasama, dari situ ada proses kolaborasi untuk menyelesaikan project yang diusung oleh kelasnya mereka sendiri. “Misal dalam pembuatan puisi, pembuatan nasari-narasi yang sesuai, bagaimana kolaborasi satu sama lain dengan pendekatan penguasaan bahasa yang ada di sekolah,” harap Tulus Jatmiko, pada (3/10/2022) siang.

“Jadi keluarannya itu bukan para siswa ahli berbahasa, tetapi memunculkan rasa, sikap gotong-royong sesama. Sesuai dengan yang diinginkan dalam program P5 tersebut. Penguatan karakter lebih inten dengan pengguaan program  penguatan bahasa yang ada di SMP Sepuluh Nopember,” tegasnya.

Ketua Panitia Kegiatan Septiawan Dwi M, S.Pd menambahkan kalau rangkaian kegiatan ini untuk sosialisasinya sudah kami lakukan sejak tanggal 16 September 2022 lalu. Mulai hari ini (3/10) adalah bentuk realisasinya, dan akan dilakukan secara bergatian setiap hari hingga tanggal 14 Oktober 2022 mendatang. “Kami juga mengundang para pemateri yang sangat mumpuni di bidang masing-masing. Dengan harapan akan memudahkan para siswa untuk belajar dan mendalami ilmu-ilmu dari pemateri,” tambahnya.(mad)