• No.Telp

    (031) 806 1010
  • Waktu Pelayanan

    Senin - Jumat, 07:00 - 16:00
  • Alamat

    Jl. Siwalanpanji, Buduran, Sidoarjo

PPDB

  • Home
  • Berita
  • Pendidikan

SPUBER

06 Mei 2024

APA YANG TERJADI JIKA BAN KENDARAAN TIDAK BERBENTUK LINGKARAN?

Ban atau roda merupakan sebuah komponen penting pada kendaraan, seperti motor, mobil, sepeda dan sebagainya. Pernakah kalian terpikirkan, mengapa bentuk ban tidak dibuat berbeda-beda? Mengapa bentuknya harus menyerupai lingkaran? Bentuk ban yang saat ini kita lihat memiliki tujuan tersendiri, khususnya dari faktor fungsi.

Menurut dari laman santanawheel, berikut adalah alasan mengapa bentuk ban menyerupai lingkaran.

 

1       Kecepatan

Alasan yang pertama adalah karena kecepatan. Bentuk roda atau ban yang melingkar membuat kendaraan dapat melaju dengan cepat. Roda kendaraan bergerak dengan cara menggelinding, bentuknya yang melingkar merupakan cara yang paling tepat karena menyentuh permukaan jalan secara mulus tanpa hambatan. Perputaran roda menyentuh permukaan jalan berlangsung secara terus menerus, yang tidak dapat dilakukan oleh bentuk lain. Karena bentuk lain seperti, segitiga, persegi, atau persegi panjang, memiliki sudut yang akan memberikan goncangan saat menggelinding. Selain itu, bentuk-bentuk tersebut bisa membuat kendaraan bergerak lambat, serta akan meningkatkan gaya gesekan antara roda dengan permukaan jalan.

 

2      Efisiensi Penggunaan Bahan Bakar

Alasan kedua mengapa bentuk ban melingkar, yaitu untuk efisiensi bahan bakar. Ketika gesekan gaya antara roda dan permukaan jalan meningkat maka bahan bakar pada mesin pun meningkat. Supaya penggunaan bahan bakar efisien, maka digunakan bentuk roda yang melingkar karena memiliki gaya gesek yang paling sedikit. Semakin kecil jumlah sisi roda, semakin besar hambatan gelindingnya. Sementara untuk roda berbentuk segitiga dan persegi, tentu saja akan mengakibatkan mesin mengonsumsi lebih banyak bahan bakar yang disebabkan oleh sudut-sudutnya yang tajam. Sudut-sudut tersebut akan “menggali” jalanan ketika bergerak sehingga membutuhkan energi yang lebih untuk melaju.

 

3      Kenyamanan Berkendara

Kemudian, alasan yang ketiga mengapa bentuk ban melingkar yaitu demi kenyamanan berkendara. Lingkaran memiliki jumlah titik sudut yang tidak terhingga yang jarak yang sama dari pusat lingkaran. Apabila ban tidak melingkar, maka mobil atau motor akan terhentak ke atas dan ke bawah akibat sudut dan sisi roda yang berbeda jaraknya dari pusat roda. Kemudian, jika ban tidak melingkar, maka akan menciptakan perjalanan yang penuh dengan goncangan dan tidak nyaman.

 

Nah itu tadi merupakan penerapan dari bentuk lingkaran yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun bentuk ban yang tidak menyerupai lingkaran ada, tapi sangat jarang digunakan. Karena dengan menggunakan 

penulis

Saniaturochmah, S.Pd