• No.Telp

    (031) 806 1010
  • Waktu Pelayanan

    Senin - Jumat, 07:00 - 16:00
  • Alamat

    Jl. Siwalanpanji, Buduran, Sidoarjo

PPDB

  • Home
  • Berita
  • Tentang Sekolah

SPUBER

27 Februari 2024

Ribuan Siswa SMP dan SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo Ikuti Orasi Kebangsaan Gus Miftah

SIDOARJO - Ribuan siswa SMP dan SMK Sepuluh Nopember ikuti acara Orasi Kebangsaan bersama kiai kondang asal Yogyakarta, KH Miftah Maulana Habiburrahman atau Gus Miftah, Senin (26/2). Kepala SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo, Saiful Tulus Jatmika mengatakan, orasi yang dimaksud merupakan akronim dari kata Obrolan Rasional Aktual Spiritual dan Inspiratif.

Hal tersebut merupakan gagasan andalan Gus Miftah yang membuka kesempatan kepada siapapun untuk bertanya. Karena itu, Saiful merasa bangga akan terlaksananya acara yang baru pertama kali di SMP dan SMK Sepuluh Nopember tersebut. Sebab baginya hal itu sama dengan kegiatan literasi yang mencerdaskan anak bangsa.

 

"Jika saya ilustrasikan secara harfiah bentuk dari sebuah kegiatan literasi adalah membaca dan menulis, tetapi literasi itu tidak hanya membaca dan menulis saja," ucapnya.

Menurutnya, literasi juga mencakup diskusi sebagaimana kegiatan yang terselenggara pagi itu.

Begitu juga seseorang yang mengamati serta mengambil intisari merupakan bentuk daripada literasi.

"Ini merupakan bentuk literasi yang mana perlu diketahui bahwa pada zaman saat ini kita tidak dapat membendung berbagai macam informasi yang ada di sekitar kita," ujarnya.

Informasi saat ini sungguh sangat bebas berkeliaran. Bahkan dapat dibaca dibagikan secara langsung oleh seseorang. Hal itu dapat memungkinkan terjadinya informasi yang kurang baik.

"Oleh karena itu, sebagai pelajar baik SMP maupun SMK harus bisa memilah dan memilih informasi yang harus kita pahami berkaitan dengan paham kebangsaan dan radikalisme," lanjutnya.

"Kaitannya informasi negatif dapat masuk ke kita, tapi sejatinya kita punya keinginan untuk belajar lebih lanjut, sehingga diharapkan dapat memilah dan memilih informasi yang baik," tuturnya.

Saiful berharap, para siswa dapat tertanam rasa kebangsaanya. Karena itu ia yakin diskusi bersama Gus Miftah dapat bermanfaat bagi siswa SMP dan SMK Sepuluh Nopember. Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan, Nur Choriah mengungkapkan, pihaknya sangat tertarik dengan konsep diskusi yang dibawa oleh Gus Miftah. Karena itu sekolah sangat bersyukur dapat didatangi ulama dengan rambut gondrong dan peci blangkon tersebut datang ke sekolahnya.

"Dari kepala sekolah dan yayasan setuju akan kehadiran Gus Miftah di sini (SMP dan SMK Sepuluh Nopember, red) semua itu hasil kesepakatan dan kita bersama," ungkapnya.

 

Choriah menyebut kegiatan itu dihadiri 1.700 siswa dari SMK dan 700 siswa SMP Sepuluh Nopember. (sai/vga)

 

Penulis : M Saiful Rohman