• No.Telp

    (031) 806 1010
  • Waktu Pelayanan

    Senin - Jumat, 07:00 - 16:00
  • Alamat

    Jl. Siwalanpanji, Buduran, Sidoarjo

PPDB

  • Home
  • Berita
  • Tentang Sekolah

SPUBER

01 November 2023

Seluruh Siswa SMP Sepuluh Nopember Bergerak Cinta Lingkungan

SIDOARJO (RadarJatim.id) — Cinta lingkungan memang perlu dikenalkan sejak dini. Salah satunya mengajak anak-anak bergerak turun langsung praktik membersihkan lokasi-lokasi yang diperlukan. Seperti yang telah dilakukan SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo, pada Rabu (1/11/2023) pagi.

Yakni, dalam rangkaian Anniversary ke 13 Sepuluh Nopember Sidoarjo mengambil tema ‘Spuber Aksi Cepat Goes Public’. Seluruh siswa SMP turun di Desa Siwalanpanji Buduran Sidoarjo yang terbagi dalam 15 titik untuk melakukan kebersihan lingkungan. Mulai di masjid, mushola, makam ulama, sungai hingga jalan desa dan termasuk juga di balai desa.   

Ketua Pelaksana Kegiatan, Harison Angling Prakoso, SS menjelaskan kalau kegiatan ini merupakan bentuk interaksi anak-anak kedepan, yaitu anak-anak diajarkan untuk cinta alam, juga cinta lingkungan sosial. Mereka hari ini akan membersihkan area selokan, kemudian pinggir jalan terus ada tempat-tempat ibadah, juga mushola kemudian ada juga makam ulama.

Para siswa membersihkan makam ulama Mbah Nanggullaini di lingkungan Masjid Baiturrohim Desa Siwalanpanji Buduran Sidoarjo

“Mereka dianjarkan cinta lingkungan dengan cara membersihkan lingkungan desa. Kita bersihkan Desa Siwalanpanji. Seluruh siswa turun dengan didampingi para guru, mereka dibagi menjadi 15 titik lokasi. Per lokasi itu ada sekitar 2 sampai 3 kelas,” jelas Harison.

Dengan harapan, untuk anak-anak agar mengerti tentang kebersihan lingkungan. Juga mengenalkan bentuk-bentuk sosial, utamanya di Desa Siwalanpanji yang kebetulan SMP Sepuluh Nopember ini berada di desa tersebut. “Semoga bisa bermanfaat dengan baik. Ini benar-benar merdeka belajar, karena anak-anak senang dan menikmatinya,” harapnya.

 Kepala Desa Siwalanpanji Achmad Choiron sangat mendukung kegiatan seperti ini, kami tentunya sangat senang sekali. Selain memberi pelajaran, tentang kebersihan juga mengenalkan mereka kepada cinta lingkungan.

“Alhamdulillah semoga anak-anak SMP Sepuluh Nopember karakternya terus meningkat yang lebih baik lagi. Karena kegiatan ini juga sangat bermanfaat sekali,” katanya.(mad)