• No.Telp

    (031) 806 1010
  • Waktu Pelayanan

    Senin - Jumat, 07:00 - 16:00
  • Alamat

    Jl. Siwalanpanji, Buduran, Sidoarjo

PPDB

  • Home
  • Berita
  • Pendidikan

SPUBER

16 Desember 2022

SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo Kirim Siswa-Siswinya Belajar Bahasa Inggris di Kampoeng Sinaoe

SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo (SPUBER) kirimkan siswa-siswinya kelas VII dari kelas internasional untuk belajar bahasa Inggris di Kampoeng Sinaoe Sidoarjo selama 12 hari sejak mulai 12 – 24 Desember 2022.

Kegiatan dengan tema My English My Holiday tersebut memang sengaja diadakan oleh pihak sekolah dengan menggandeng Kampoeng Sinaoe Sidoarjo sebagai tempat untuk mengasah siswa-siswi SPUBER yang dari kelas internasional agar bisa menciptakan lingkungan bahasa di sekolah.

Pada hari pertama acara diawali dengan ceremonial pembukaan yang dihadiri oleh kepala sekolah serta wali kelas dan juga panitia dari English Holiday Program.
Pada sambutannya, Saiful Tulus Jatmika, S.Pd., M.Pd. selaku kepala SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo mengatakan agar siswa-siswi yang dikirim untuk belajar di Kampoeng Sinaoe Sidoarjo untuk lebih mengasah kemampuan dan juga tidak perlu takut salah dalam belajar.

“Karena harapannya nanti siswa-siswi yang dikirim tersebut ketika kembali ke sekolah bisa menjadi penggerak dalam menciptakan lingkungan bahasa di sekolah” ucapnya.

Disamping itu, menurut M. Sigit Harianto, S.Pd. selaku ketua panitia English Holiday Program menjelaskan bahwa sangat penting sekali penguasaan bahasa asing bagi generasi muda khususnya pelajar, terlebih pada saat ini sudah memasuki zaman globalisasi yang mana semua serba digital dan cepat khususnya informasi dalam bahasa inggris.

“Apabila seorang pelajar ingin menguasai suatu keilmuan maka kuasai bahasa asing khususnya bahasa Inggris, karena dengan penguasaan bahasa asing maka akan bisa menguasai cepatnya informasi dan juga kondisi dalam era saat ini” katanya.

Salah satu siswa peserta program Ega Nandana Ma’ruf mengatakan bahwa mengikuti English Holiday Program di Kampoeng Sinaoe sangat seru dan keren sekali, karena dengan pembiasaan dengan perpaduan budaya yang ada di Kampoeng Sinaoe Sidoarjo siswa lebih mudah dalam memahami dan mempraktekkan penerapan bahasa Inggris dalam kegiatan.

“Selain itu yang menarik dalam kegiatan English Holiday Program yaitu pengajarnya pun bukan hanya guru lokal namun ada juga Native Speaker dari Germany yang mengajar siswa-siswi SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo, hal itu sangat membuat peserta antusias dalam belajar” tuturnya.

Disamping itu lanjut Ega, model pembelajarannya sangat enjoy dan tidak monoton karena memadukan permainan dalam pembelajaran, ada kegiatan outing class, ada juga kegiatan Field Trip yang diadakan di kebun teh, Wonosari, Malang.

“Ada juga kegiatan social class yang memang kegiatan tersebut sangat bisa memunculkan kepedulian siswa-siswi terhadap orang yang lebih membutuhkan sehingga dari kegiatan tersebut siswa-siswi bisa belajar untuk saling menolong antar sesama manusia” tutup siswa yang akrab disapa Ega.