• No.Telp

    (031) 806 1010
  • Waktu Pelayanan

    Senin - Jumat, 07:00 - 16:00
  • Alamat

    Jl. Siwalanpanji, Buduran, Sidoarjo

PPDB

  • Home
  • Berita
  • Pendidikan

SPUBER

17 Januari 2024

TOGETHERNESS

Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS jadi salah satu organisasi di berbagai sekolah menengah mulai dari SMP/MTS dan SMA/MA/SMK, dengan adanya organisasi ini jadi salah satu wadah untuk para siswa dan siswi mengembangkan serta meluaskan dan menyatukan beberapa pola pikir siswa siswi untuk mencapai tujuan tertentu, dan juga OSIS memiliki beberapa tujuan yakni untuk memfasilitasi para siswa dalam menyalurkan aspirasinya serta mengekspresikan kreatifitasnya, OSIS juga melatih keterampilan siswa dalam bersosialisasi dan berorganisasi.

 

Dalam suatu organisasi memiliki satu pemimpin organisasi guna sebagai penanggungjawab atas segala kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus memantau jalannya sebuah program kerja pengurus OSIS, memberi saran atau nasehat untuk berbagai masalah internal maupun eksternal dalam organisasi.

 

Setelah mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) yang telah diadakan pada Jumat, 12 Januari 2024 s/d Sabtu, 13 Januari 2024, yang merupakan langkah awal calon pengurus OSIS SMP Sepuluh Nopember periode 2024-2025 untuk membaktikan diri sebagai pengurus OSIS, dengan begitu mereka akan bisa mengenal satu sama lain, menerima perbedaan, menerima berbagai pendapat, dan lain sebagainya. SMP Sepuluh Nopember saat ini tengah ramai dengan adanya pemilihan Calon Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS dengan 3 (tiga) Pasangan Calon (PasLon).

 

Paslon 1 Khanza Alisha Azalia dan Lentera Islamiyah Aulia Bilqis dengan motto “Jika Bersungguh – sungguh akan Memperoleh Kesuksesan dan Berusahalah untuk Menjadi Dirimu yang Lebih Baik” adapun alasan mengapa mereka memilih motto tersebut adalah jika kita bersungguh – sungguh dalam mengerjakan suatu hal pasti hasil tidak akan mengkhianati dengan usaha yang kita lakukan, dan dengan motto tersebut membuat mereka semangat dan bersungguh – sungguh dalam mengerjakan suatu hal dan saya berusaha menjadi yang lebih baik dari sebelumnya.

 

Paslon 2 Kezia Davely Olivia dan Keanu Bobby Septiansya dengan motto “Perubahan Dimulai dari Diri Kita” adapun alasan mengapa paslon 2 memilih motto tersebut adalah karena yang dapat merubah segala sesuatu itu dimulai dari diri kita, apabila menunggu orang untuk berubah sampai kapanpun itu kita tidak akan bisa apabila tidak dimulai dari kita sendiri.

Paslon 3 Damar Pamungkas Putra dan Mochammad Abisha Abrar dengan motto “Kegagalan Pikir Keri Maju Sak Tekad e” alasan mengapa paslon 3 memilih motto tersebut adalah karena motto itu sudah kita terapkan dalam hidup, dan motto tersebut memiliki arti masalah kita pikir nanti yang penting maju dengan tekad, serta bahasa yang digunakan mengikuti bahasa khas daerah yakni bahasa jawa.

Ketiga Pasangan Calon tengah melakukan kampanye untuk memperoleh suara, dan ketiga pasangan calon dibantu oleh tim sukses mereka untuk mendapatkan suara civitas SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo untuk pemilihan di hari Jumat, 19 Januari 2024. Namun sebelum itu mereka tengah memantapkan hati pemilih dengan mengikuti Debat Calon Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS Periode 2024-2025 yang dilaksanakan di aula SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo.

Debat Pasangan Calon yang dilakukan hari Rabu, 17 Januari 2024 ini menjadi ajang untuk para pasangan calon mengetuk hati para pemilih agar memberikan hak suaranya kepada mereka (PasLon). Terdapat 3 (tiga) panelis debat Calon Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS  yakni Ibu Wiwit Prameswari F, S.Pd selaku Waka Kurikulum SMP Sepuluh Nopember, Pak Moch. Dedik Setiawan, M.Pd selaku Staff Kurikulum SMP Sepuluh Nopember dan Jhelma Mitarosi selaku Ketua OSIS periode 2023-2024.

Debat berlangsung dengan tertib, baik penonton wajib dan para tim sukses, serta tim pendukung para pasangan calon. Dan pada debat kali ini panitia tidak hanya dari pengurus OSIS namun juga perwakilan dari setiap kelas yang bertujuan untuk wadah mengumpulkan beberapa aspirasi. Ketiga pasangan calon juga menjawab pertanyaan dengan mantap dan tertata. Pertanyaan yang diajukan oleh para panelis juga sangat berkaitan dengan organisasi dan pembelajaran, seperti pertanyaan yang diajukan oleh bu Wiwit Prameswari F, S.Pd “Bagaimana cara kalian mengatur waktu belajar dengan organisasi?” salah satu pertanyaan yang mengingatkan para pasangan calon yang masih pelajar dan memerlukan waktu belajar yang cukup untuk memenuhi kewajibannya sebagai pelajar. Jawaban dari ketiga pasangan calon sangat beragam dan cukup untuk menjawab pertanyaan yang diajukan, dengan kesimpulan “bahwa kita sebagai pelajar harus mengatur jadwal kegiatan kita dengan skala prioritas, dengan bagaimana tanggungjawab kita di organisasi dan bagaimana dengan kewajiban kita sebagai pelajar. Dan kita tidak boleh lupa akan kesehatan tubuh kita dan waktu kita dengan keluarga, karena keluarga juga merupakan pendukung kita baik secara langsung maupun secara emosional.” Dengan kesimpulan itu mereka juga berharap untuk semua pengurus OSIS agar tidak lupa dengan kewajiban mereka sebagai seorang pelajar.

Pemilihan Calon Ketua OSIS dan Calon Wakil Ketua OSIS periode 2024 – 2025 sebentar lagi akan dilaksanakan tepat di hari Jumat, 19 Januari 2024 dengan cara demokrasi yang melibatkan seluruh civitas SMP Sepuluh Nopember. Berbagai harapan tengah mengiringi suasana menuju pemilihan saat ini, dengan harap supaya pengurus di periode ini bisa lebih baik seperti apa yang dikatakan oleh Jhelma Mitarosi selaku Ketua OSIS Periode 2023 – 2024 “saya bangga dengan mereka karena melewati apa yang belum saya lewati, saya ingin mereka lebih sukses ke depannya, saya ingin mereka menganggap OSIS sebagai keluarga, dan tentunya mereka harus mendapatkan pelajaran baru.” Ujar Jhelma saat ia ditanya tentang harapan untuk pengurus OSIS setelahnya. Dan Jhelma juga berujar untuk sesama rekan organisasinya tepatnya periode 2023 – 2024 “saya sangat terbantu dan mereka adalah support system saya saat di organisasi, serta mereka juga sebagai peredam emosi saya. Saya harap mereka tidak lupa dengan proses yang kita bangun selama di organisasi.” Ujarnya. Pak Harison selaku Pembina OSIS memiliki salah satu kesan untuk pengurus OSIS periode 2023 – 2024 “mereka itu salah satu generasi dengan kakak kelasnya punya hubungan baik, mereka bisa melanjutkan program kerja yang belum terselesaikan oleh kakak kelasnya dulu” ujar Pak Harison, dan pesannya untuk periode 2024 – 2025 “pesan saya ke periode selanjutnya yaitu mereka bisa punya ciri khasnya sendiri.” Begitu pesan yang diberikan Pak Harison kepada calon pengurus OSIS periode 2024 – 2025.

Tak hanya itu saja harapan yang diperuntukkan untuk calon pengurus OSIS periode 2024 – 2025, tapi begitu banyak harapan yang diinginkan, kita sebagai pemilih harus mengerti dan tidak salah pilih akan pilihan kita, karena kita akan memberikan tanggungjawab besar kepada salah satu siswa atau siswi untuk memimpin salah satu organisasi besar di SMP Sepuluh Nopember. Dan jangan lupa untuk tentukan pilihanmu di hari Jumat, 19 Desember 2024.